Operasi Pasar Murah Disdagrin Jombang Ludes Diserbu Warga

operasi pasar murah
Operasi Pasae Murah yang di gelar Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jombang.

JOMBANG, WartaHariIni.com — Operasi pasar murah yang digelar Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kabupaten Jombang disambut baik warga. Terbukti dari 1.600 kupon yang disebar setiap Kecamatan selalu ludes habis diserbu warga. Selain sebagai upaya pengendalian inflasi daerah, kegiatan pasar murah juga mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

”Tujuan pertama mengurangi beban ekonomi masyarakat akibat kenaikan harga BBM, juga menjaga stabilisasi harga kebutuhan pokok,” terang Kepala Disdagrin Jombang Hari Oetomo, Kamis (10/11/2022).

Bacaan Lainnya

Kegiatan operasi pasar murah dilaksanakan di 21 kecamatan. Kegiatan berlangsung selama 16 hari, dimulai 11 Oktober dan berakhir 30 November nanti. ”Alhamdulillah pelaksanaan di lapangan berjalan lancar dan masyarakat begitu antusias,” kata Hari.

Dikatakan, antusias masyarakat dibuktikan dengan penyebaran kupon di setiap kecamatan. Total dari 1.600 kupon, selalu habis. ”Masyarakat sangat antusias, terbukti kupon yang kita salurkan biarpun sedikit selalu habis,” tambahnya.

Untuk harga di operasi pasar murah Disdagrin Jombang minyak goreng Rp 11.000 per liter atau terpaut Rp 2.000 di pasar, sementara harga gula Rp 11.500 per kg lebih murah Rp 1.500 di pasar. Beras kalau di pasar Rp 10.500 per kg untuk harga di OP Rp 9.800 per kg.

“Teknis pelaksanaan H-2 sebelum OP masing-masing Kecamatan, kupon sudah kami sebar dan saat hari H distributor sudah mendistribusikan ke lokasi OP,” ujar Hari.

Hingga kini kegiatan operasi pasar murah masih berjalan. Namun, sebagian kecamatan mengajukan kegiatan OP di wilayahnya ditambah. “Mereka mengusulkan ada penambahan kegiatan lagi, kalau pun anggaran kita masih tersedia sampai akhir tahun akan kita fasilitasi,” ujar Hari.

Adanya permintaan itu, tentu menjadi evaluasi pihaknya yang akan kembali menggelar agenda serupa menjelang tutup tahun. “Jadi di sisa akhir tahun mungkin masih bisa melaksanakan tiga sampai empat OP lagi,” tutur Hari.

Dan berikut jadwal di Bulan Nopember 2022 Kecamatan Tembelang tanggal 8, Megaluh tanggal 9, Jombang tanggal 10, Banda KDM tanggal 15, Kabuh tanggal 16, Peterongan tangga 17, Perak tanggal 22, Kudu dan Plandaa tanggal 24, Ngusikan tanggal 29 dan Kesamben tanggal 30 dengan komonditas yang sama.(fan/aan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *