Rombongan Wabup Aceh Besar Belajar Pengembangan Tembakau Ke Jombang

aceh besar
Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab saat menyambut kedatangan Rombongan Wakil Bupati Aceh Besat di Pendopo Kabupaten.

JOMBANG, WartaHariIni.com — Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Wignyo Handoko serta Kepala Dinas Pertanian Much. Rony dan Kepala OPD terkait, pada Selasa (28/6/2022) pagi, menerima kunjungan silaturahmi studi tiru rombongan Wakil Bupati Aceh Besar Tengku H. Husaini. A. Wahab yang hadir bersama Kepala OPD terkait serta petani Aceh Besar diruang Rapat Swagata Pendopo Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

“Kehadiran kami rombongan untuk mencari ilmu, belajar bagaimana pengembangan tembakau di Kabupaten Jombang,” tutur Wabup Aceh Besar Tengku H. Husaini. A. Wahab usai memperkenalkan rombongan Kepala OPD yang turut serta bersama Petani Aceh Besar.

Bacaan Lainnya

Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, menyambut baik kunjungan Wakil Bupati Aceh Besar Tengku H. Husaini A. Wahab yang ingin menimba ilmu terkait Pengembangan Tanaman Tembakau. Melalui silaturahmi ini kedua Kabupaten diharapkan dapat saling sharing, berbagi ilmu dan pengalamannya positif.

“Semoga pertemuan dan kunjungan ini, selain dalam rangka studi tiru dari Aceh Besar untuk mengetahui dan menambah wawasan serta pengetahuan terkait pengembangan tembakau yang diterapkan di Kabupaten Jombang, juga dapat menjadi ajang untuk mempererat silaturahmi dan menjalin persahabatan diantara Pemkab Jombang dan Pemkab Aceh Besar”, tutur Bupati Mundjidah Wahab.

Disampaikan oleh Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab terkait potensi dan program Pertanian di Kabupaten Jombang, utamanya terkait tembakau.

Usai dari Pendopo, rombongan menuju ke Desa Bendungan, Kecamatan Kudu bertemu dengan Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) desa Bendungan Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Sesampainya di desa Bendungan Kudu, rombongan melihat langsung hamparan tanaman tembakau. Petani belajar secara langsung proses pembenihan tembakau sampai dengan proses panen dan pasca panen.

“Dalam proses pembenihan diharapkan petani tembakau mampu menghasilkan benih tembakau berkualitas dan bersertifikat karena budidaya tanaman tembakau yang baik faktor utamanya dari benih berkualitas”, tutur Much. Rony

Dalam studi tiru yang dilaksanakan di lahan Poktan Bendungan Desa Bendungan Kecamatan Kudu tersebut, secara aktif terjadi proses sharing informasi antara petani tembakau Aceh Besar dan petani tembakau Jombang. Mereka saling tukar informasi, bagaimana kebiasaan budidaya tembakau di masing-masing wilayah.

Dari pertemuan tersebut diharapkan kedepan akan terjalin kerja sama yang baik antara petani tembakau Jombang dan Aceh Besar.(fan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *